SWAT (Special Weapons And Tactics)

Posted by

Senjata dan Taktik Khusus

Senjata dan Taktik Khusus atau yang dikenal di dunia internasional sebagai SWAT (singkatan dari "Special Weapons And Tactics") adalah nama umum yang digunakan untuk sebuah satuan penegakan hukum yang menggunakan senjata ringan ala militer dan taktik khusus dalam operasi-operasi berisiko tinggi yang berada di luar kemampuan polisi berseragam biasa. 

Tugas satuan ini antara lain : menghadapi kriminal bersenjata berat; melakukan penyelamatan sandera dan operasi kontra-terorisme; penangkapan berisiko tinggi; dan memasuki bangunan yang dilindungi atau dibarikade. Satuan tersebut sering dilengkapi dengan senjata api khusus, antara lain senapan mesin ringan, senapan serbu, senapan gentel penembus, senapan runduk, peralatan anti huru-hara, dan granat kejut. 

Mereka memiliki peralatan yang telah dirancang khusus, termasuk pelindung badan tebal, perisai balistik, piranti penyusup, kendaraan lapis baja, alat penglihatan malam, dan detektor gerakan untuk menentukan posisi sandera atau penyandera secara diam-diam di dalam bangunan tertutup.

Tugas satuan Senjata dan Taktik Khusus dapat meliputi :
  1. Penyelamatan sandera
  2. Pengendalian kerusuhan / anti huru-hara
  3. Perlindungan tokoh penting
  4. Menyelesaikan situasi berisiko tinggi
  5. Memberikan bantuan atas surat penangkapan dan surat penggeledahan
  6. Menyediakan keamanan tambahan di acara-acara khusus


Blog, Updated at: 03.42

0 comments:

Posting Komentar